SEJARAH FERRARI DAN PERKEMBANGANNYA



SEJARAH FERRARI

Scuderia Ferrari didirikan oleh Enzo Ferrari pada akhir tahun 1929 sebagai sponsor untuk beberapa pembalap amatir dalam berbagai balapan. Enzo sendiri, yang juga menjadi pembalap pada saat itu menggunakan mobil produksi Costruzioni Maccaniche Nazionali (CMN) dan Alfa Romeo sebagai alat balapannya.

Ide pendirian tim Ferrari datang pada malam hari tanggal 16 November 1929 di kota Bologna, ketika Enzo saat itu bersantap malam bersama dua bersaudara Caniato (Augusto Caniato dan Alfredo Caniato), dan pembalap Mario Tadini.

Mereka lantas memutuskan untuk membangun sebuah tim dengan mobil produksi Alfa Romeo. Enzo Ferrari lantas melanjutkan karier membalapnya dengan beragam kesuksesan sampai akhirnya putranya yang bernama Alfredo Ferrari (kemudian dikenal dengan nama Dino Ferrari) lahir pada tahun 1932.

Pada tahun itu jugalah, tim Ferrari mencoba peruntungannya di ajang balapan besar dengan turun di ajang 24 Hours of Le Mans dengan mobil Alfa Romeo 8C 2300 Spiders yang berjumlah dua buah dan hasilnya cukup fantastis dengan raihan kemenangan 1-2.


Enzo Ferrari lantas menjadi manajer untuk beberapa pembalap dan juga menjadi pencari bibit-bibit baru pembalap muda dari kantornya di Viale Trento e Trieste, Modena, Italia, sampai 1938. Saat itu Alfa Romeo memutuskan untuk menarik Enzo sebagai manajer untuk divisi balapnya yang dinamakan Alfa Corse.

Pada 1939 Enzo keluar dari Alfa sambil kemudian ia mendirikan perusahaan balapnya yang dinamakan Auto Avio Costruzioni Ferrari, dengan alat-alat bekas yang ia dapatkan dari perjanjian dirinya dengan Alfa dimana ia bisa mendapatkan sisa-sisa mobil Alfa Romeo yang tidak mengikuti balapan.

Selain menandatangani kontrak dengan Alfa, Ferrari juga bekerja sendiri untuk memperbesar tim balapnya, dimana Enzo lantas merancang the Tipo 815 (V8 1500cc) bersama Alberto Massimino, yang kemudian mobil ini dikenal sebagai mobil Ferrari pertama.

Tetapi setelah Alberto Ascari dan Marchese Lotario Rangoni Machiavelli di Modena mengemudikan mobil tersebut dalam ajang 1940 Mille Miglia, Perang Dunia II memutus semua kegiatan balapan, dan mobil 815 terpaksa diistirahatkan.

Ferrari lantas ganti haluan memproduksi alat-alat suku cadang mobil balap, dan pada 1943 Enzo memindahkan markasnya ke Maranello, dimana pada 1944 tempat tersebut sempat kejatuhan bom PD II.

Peraturan untuk Grand Prix World Championship berubah sejak perang usai. Dan hal ini membuat Ferrari harus membuat lagi mobil baru, yang kemudian dinamakan Tipo 125 (V12, 1500cc), yang kemudian berhasil memenangi beberapa balapan.

Mobil ini memulai debut di GP Italia 1948 dengan pembalap Raymond Sommer, dan meraih kemenangan perdananya di Circuito di Garda bersama Giuseppe Farina. (Sumber Artikel : Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)



PERKEMBANGAN FERRARI DARI MASA KE MASA 

Berikut beberapa mobil garapan Ferrari yang lahir di awal perintisan perusahaan otomotif berlogo kuda jingkrak ini.


1. Ferrari 125 S

Perjalanan Ferrari dalam membuat mobil memiliki perkembangan selama bertahun-tahun, terlebih dari segi tampilan. Produk yang mereka buat juga identik dengan simbol kekuasaan, kekayaan dan kecepatan.

Salah satu mobil pertama yang memakai emblem Ferrari adalah 125 S yang memulai debutnya pada tahun 1947. Mobil ini dibekali mesin V12 yang dapat menghasilkan tenaga 118 HPdengan kecepatan maksimal 130 mph.



2. Ferrari 160 S

Pada tahun 1948 sampai dengan 1949, Ferrari meluncurkan model baru yang dinamakan 166 S. Mobil ini merupakan mobil Ferrari dengan mobil Grand Touring (GT) pertama.

Pada bagian mesin, mobil ini menggunakan mesin V12 yang menghasilkan tenaga sebesar 90 HP dengan kecepatan maksimal mencapai 93 mph.





3. Ferrari 195 Inter

Mobil ini dikembangkan dengan mesin yang lebih kuat dan lebih mudah untuk dikendarai dibanding versi sebelumnya. Mobil ini berkapasitas untuk dua penumpang.

Mobil yang dikeluarkan pada tahun 1950 ini disematkan mesin Colombo V12 dengan kapasitas 2431cc. Dengan pengaturan tersebut, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 130 HP dengan kecepatan maksimal 112 mph.





4. Ferrari 342 America

Mobil ini merupakan mobil yang dikeluarkan oleh Ferrari pada tahun 1952. Model 342 America hadir dengan desain Vignale Cabriolet garapan Giovanni Michelotti.

Mobil ini berkapasitas pempat penumpang dan diproduksi hanya 6 unit di dunia. Untuk urusan mesin, model 342 America dibekali mesin Lampredi V12 dengan kapasitas 4101.66 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 197 HP.

Salah satu mobil 342 America dimiliki oleh Leopold III, Raja Belgia yang menjabat dari tahun 1934 hingga 1951.


5. Ferrari 250 GT Coupe

Pada tahun 1954, Ferrari kembali menghadirkan mobil baru yakni 250 GT. Memiliki mesin V12 SOHC 2 silinder ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 296 HP pada 7.500 rpm.

Namun keberadaaan 250 GT dikalahkan oleh 250 GT Berlinetta dan 410 Superamerica yang rilis pada tahun 1956. Bergaya radikal, Berlinetta dibekali mesin Colombo V12 berkapasitas 2953.21cc yang menghasilkan tenaga sebesar 240 HP dengan kecepatan maksimal 157 mph.


sumber

  • https://s.garasi.id/article/e140d125-42e5-452d-983c-307513a964cd.jpeg 
  • https://cdn-2.tstatic.net/jateng/foto/bank/images/mobil-ferrari-jadul.jpg
  • https://www.tagar.id/Asset/uploads2019/1577612650547-ferrari-125-s.jpg
  • https://www.tagar.id/Asset/uploads2019/1577613217774-ferrari-166-s.jpg
  • https://www.tagar.id/Asset/uploads2019/1577614626625-ferrari-195-inter.jpg
  • https://www.tagar.id/Asset/uploads2019/1577613368425-ferrari-342-america.jpg
  • https://www.tagar.id/Asset/uploads2019/1577613521992-ferrari-250-gt-coupe.jpg
  • https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjq46qNvtz5AhUrRWwGHdrPCeQQFnoECAUQAQ&url=https%3A%2F%2Fwww.tagar.id%2Fperkembangan-ferrari-dan-awal-sejarahnya&usg=AOvVaw1nBpdm696HwLsgHM_8k4dt
  • https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjq46qNvtz5AhUrRWwGHdrPCeQQFnoECAQQAQ&url=https%3A%2F%2Fgarasi.id%2Fartikel%2Fsejarah-dan-perkembangan-ferrari-dari-masa-ke-masa%2F5a24c9fa640d3901d32b3e3b&usg=AOvVaw3vMBsZMOTNQQzHLim9J3eN

Oleh Bastian/9C/9






















Komentar